Warna menurut Feng Shui



Rumah adalah sebagai tempat berlindung dan memiliki faktor kenyamanan. Dalam hal kenyamanan maka warna dinding rumah sering diaplikasikan dengan warna favorit. Tapi tahukah Anda bahwa pemakaian warna yang sesuai dengan ilmu Feng Shui dapat memberikan energi dan kesejahteraan bagi pemilik rumah?
Feng Shui adalah ilmu topografi Tiongkok kuno yang mempercayai bagaimana hubungan antara Manusia, Langit (=astronomi), dan Bumi (=geografi) hidup dalam harmoni untuk membantu memperbaiki hidup dengan menerima Qi positif.
Dalam feng shui, warna merupakan suatu getaran. Getaran itu akan kita respon, baik secara sadar maupun tidak. Warna memengaruhi kenyamanan lingkungan dan mood. Warna yang kita pakai akan mempengaruhi pandangan orang lain terhadap kita. Berikut ini sejumlah karakter warna menurut feng shui:



Merah (Yang)
Warna Merah adalah warna yg dominan dan selalu memberikan stimulasi terhadap suasana sekitarnya. Warna merah akan memberi kesan memperbesar tampilan suatu objek, tetapi sebaliknya memperkecil ukuran suatu ruangan. Merah adalah warna yg baik untuk memberi aksen. Warna ini bersifat hangat dan sebaiknya digunakan di ruang makan, ruang tidur anak, dapur, tempat kerja atau kantor.
Postif: hangat dan kemakmuran
Negatif: kemarahan, rasa malu dan kebencian
Elemen: api

Pink (Yin)
Warna Pink seringkali diasosiasikan dengan rasa ketidakbersalahan (polos), kemurnian dan suasana romantis. Pink cocok untuk ruang tidur, kurang cocok untuk kamar mandi atau dapur.
Positif: romantis, kegembiraan, ceria
Negatif: tidak ada
Elemen: Api

Ungu (Yin)
Warna Ungu adalah warna yg inspiratif, mistis dan spiritual. Unggu dapat dipakai di ruang tidur atau ruang meditasi. Sebaiknya warna ini tidak digunakan di dapur atau kamar mandi.
Positif: gairah, energik dan memotivasi.
Negatif: kesedihan, menekan
Elemen: Api

Biru (Yin)
Warna Biru diasosiasikan dengan kedamaian dan kesejukkan. Biru seringkali dikaitkan dengan spiritualitas, misteri, kesabaran, kedamaian dan kontemplasi. Warna biru cocok untuk ruang terapi, ruang tidur dan ruang meditasi. Sebaiknya tidak digunakan untuk ruang makan atau ruang kerja.
Positif: Kepercayaan, stabilitas
Negatif: Melankolis, kecurigaan
Elemen: Air

Hijau (Yin)
Warna Hijau merupakan simbol pertumbuhan, kesuburan dan harmoni. Hijau itu menyegarkan, menenangkan dan meneduhkan. Hijau cocok untuk kamar mandi, ruang terapi dan conservatory. Hijau seharusnya tidak dipakai di ruang keluarga, ruang bermain atau ruang belajar.
Positif: optimisme, kebebasan dan keseimbangan
Negatif: iri hati, permusuhan, curang
Elemen: kayu

Kuning (Yang)
Warna Kuning diasosiasikan dgn intelektualitas dan pencerahan. Kuning membantu pencernaan dan menstimulasi otak/pikiran. Kuning cocok untuk pintu masuk, gang/koridor dan dapur. Kuning sebaiknya tidak dipakai untuk kamar mandi atau ruang meditasi.
Positif: optimisme, akal dan ketegasan
Negatif: kaku dan berlebihan
Elemen: Api

Oranye (Yang)
Warna Oranye adalah warna kegembiraan dan kuat dalam mendorong komunikasi. Oranye dapat dipakai di ruang tidur, ruang makan dan gang/koridor. Oranye sebaiknya tidak dipakai di ruang tidur dan ruangan kecil.
Positif: intelek, konsentrasi
Negatif: pemberontakkan
Elemen: Tanah

Coklat (Yang)
Coklat adalah warna yg berhubungan dgn bobot, stabilitas dan elegan. Coklat dapat dipakai di ruang belajar dan ruang kerja. Sebaiknya tidak dipakai di kamar tidur.
Positif: elegan, keamanan
Negatif: kotor, depresi dan tua
Elemen: tanah

Putih (Yang)
Warna Putih menyimbolkan permulaan baru, suci dan kemurnian. Putih dapat dipakai di kamar mandi dan dapur. Putih seharusnya tidak digunakan di ruang makan dan kamar tidur anak.
Positif: bersih dan segar
Negatif: dingin, hampa dan datar
Elemen: logam

Hitam (Yin)
Warna Hitam adalah warna yg bersifat independen dan misterius. Warna hitam sering dipakai di kamar anak remaja. Warna hitam seharusnya tidak dipakai di ruang kerja, kamar tidur anak-anak dan ruang keluarga.
Positif: intrik, kekuatan dan daya tarik
Negatif: kematian, kegelapan
Elemen: air 


Dalam feng shui terdapat lima unsur, yaitu api, tanah, logam, air, dan kayu. Setiap warna mewakili setiap elemen. Hal inilah yang menciptakan harmonisasi di ruangan. Jadi kesimpulannya warna yang baik akan membawa aura positif dalam rumah. Penerapan ilmu feng shui juga tak lepas dari arah mata angin. 

Selatan: Hijau, kuning, cokelat, dan krem
Barat: Cokelat, krem, dan biru
Barat laut: Cokelat, krem, dan biru
Timur laut: Merah, merah muda, jingga, putih, ungu, dan abu-abu
Timur: Biru, merah, merah muda, jingga, dan ungu
Tenggara: Biru, merah, merah muda, jingga, dan ungu
Barat daya: Merah, jingga, merah muda, ungu, putih, dan abu-abu


Untuk menciptakan energi positif dalam ruangan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti:

Ruang keluarga

Ruang keluarga merupakan tempat berkumpulnya penghuni rumah. Pilihlah warna kuning, cokelat, dan krem untuk menciptakan suasana hangat.

Dapur

Ruangan ini mengandung unsur api. Gunakanlah warna hijau, kuning, cokelat, dan krem untuk menyeimbangkan.

Ruang pribadi

Ruangan yang sifatnya pribadi, seperti kamar tidur atau ruang kerja, sebaiknya diaplikasikan dengan angka KUA yang dihitung berdasarkan tanggal kelahiran dan jenis kelamin penghuninya.



Untuk menentukan angka KUA, ikuti rumus di bawah ini:


Untuk kelahiran tahun 19xx
Pria: Jumlah digit terakhir tahun kelahiran – 10
Wanita: Jumlah digit terakhir tahun kelahiran + 5
Bila hasilnya 2 digit, jumlahkan hingga menjadi 1 digit.

Untuk kelahiran tahun 20xx
Pria: Jumlah digit terakhir tahun kelahiran – 9
Wanita: Jumlah digit terakhir tahun kelahiran + 6
Bila hasilnya 2 digit, jumlahkan hingga menjadi 1 digit.
KUA 1: Hitam, biru, putih, dan kuning keemasan
KUA 2: Kuning, cokelat, merah, dan ungu
KUA 3: Hitam, hijau, dan biru
KUA 4: Htam, hijau, dan biru
KUA 5: Emas, putih, cokelat, dan kuning
KUA 6: Emas, cokelat, dan kuning
KUA 7: Kuning, cokelat, merah, dan ungu
KUA 8: Merah, ungu, dan hijau
KUA 9: Merah dan ungu


Semoga bermanfaat dan selamat bekerja!

Sumber foto dan materi: dari berbagai sumber.






Baca juga:

Tahun 2014 adalah Tahun Kuda Kayu --> Klik Disini!

Trend Warna Indonesia 2014: Bahari Nusantara --> Klik Disini!

Tahun 2013 adalah Tahun Ular Air --> Klik Disini!



Rubrik ini didukung oleh cat tembok tinting: Kem-Tone, Spectrum dan ColorTone.



COMMENTS

Name

Action,3,Animals,1,arsitek,12,Artist,2,Berita,17,Bisnis,2,Cat,9,Creativity,25,Curhat,1,Dekorasi,224,Distributor,1,Event,10,Eyes,2,Feng Shui,31,History,17,Hot Topics,176,Ide,33,Ideas,58,Imlek,16,Info,174,Infotech,3,Kaleng,1,Kreasi,31,Kuis,1,Kuliner,4,Label,1,Latest News,3,Mkt4U,12,Mudik,12,Penting,8,Polyurethane,1,Powder Coating,4,Produk,8,Produk Baru,4,Project,4,Promo,16,Quiz,5,Reviews,1,Seri Rumah,436,Services,3,Shio,98,Solusi,21,Test,5,Tinting,5,Tips,379,trend,24,Ucapan,43,Umum,19,Valentine,6,Video,2,Warna,70,Waterproofing,2,Widget Blog,1,Zodiac,2,
ltr
item
SCI Pusat: Warna menurut Feng Shui
Warna menurut Feng Shui
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhBAoV76cVihxZQcMH9WAuFDGzhv64pJJaafDqjtsTnF3-EXVYS_FjvZnOWEQBDQXgcW_szDURc9CUpu3wOyALk0TaUgwITBU2aUpwIJfqPeUhiGs-MULhBMVFNuELBM_E9JHB5ok-l6Syt/s1600/ColorsFengShui.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhBAoV76cVihxZQcMH9WAuFDGzhv64pJJaafDqjtsTnF3-EXVYS_FjvZnOWEQBDQXgcW_szDURc9CUpu3wOyALk0TaUgwITBU2aUpwIJfqPeUhiGs-MULhBMVFNuELBM_E9JHB5ok-l6Syt/s72-c/ColorsFengShui.jpg
SCI Pusat
https://sci-pusat.blogspot.com/2012/09/warna-menurut-fang-shui.html
https://sci-pusat.blogspot.com/
https://sci-pusat.blogspot.com/
https://sci-pusat.blogspot.com/2012/09/warna-menurut-fang-shui.html
true
6744560664161843330
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy